Analisis Kualitas Aplikasi E-Kinerja Kabupaten Bintan Menggunakan Metode Webqual 4.0 Pada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bintan
DOI:
https://doi.org/10.58761/jurtikstmikbandung.v12.i2.101113Kata Kunci:
Aplikasi e-kinerja Kabupaten Bintan, Analisis Kualitas Sistem Informasi, Webqual 4.0, Importance Performance Analysis (IPA)Abstrak
Aplikasi e-kinerja Kabupaten Bintan merupakan suatu sistem yang digunakan untuk melakukan proses pencatatan, pemantauan kinerja dan sebagai dasar pembayaran tambahan penghasilan Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan pemerintahan Kabupaten Bintan. Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kabupaten Bintan sebagai Perangkat Daerah yang bertanggungjawab terhadap aplikasi ini mendapati beberapa permasalahan dalam pelaksanaanya yaitu pengguna harus melakukan proses penginputan ulang rencana kinerja saat atasan dimutasi, belum menyediakan informasi perhitungan tambahan penghasilan, belum menyediakan informasi kinerja organisasi dari penilaian periodik pengguna dan masih sering terjadi gagal login dan slow respon saat traffic padat, ketika banyak pengguna mengakses aplikasi saat bersamaan. Sejak awal aplikasi ini diimplementasikan belum pernah dilakukan analisis terkait kualitas kinerja aplikasi dan dinilai perlu dilakukan guna menjadi acuan untuk peningkatan kualitas dari aplikasi e-kinerja Kabupaten Bintan berdasarkan kepuasan pengguna. Dalam pengukurannya diperlukan suatu metode untuk mengetahui hasil akhir yang nantinya dapat memberikan rekomendasi dalam peningkatan kualitas dari aplikasi. Berdasarkan pertimbangan tersebut, penulis menggunakan metode webqual 4.0 untuk melakukan penelitian dalam mengukur kualitas aplikasi dan metode Importance Performance Analysis (IPA) sebagai pemberi rekomendasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan data melalui kuesioner online yang dibagikan kepada 97 ASN Kabupaten Bintan pengguna aplikasi. Setelah dilakukan analisis terhadap penerapan metode webqual 4.0 pada aplikasi e-kinerja Kabupaten Bintan diperoleh nilai index untuk usability (kemudahan pengguna) sebesar 0,7979 dengan hasil baik, information quality (kualitas informasi) sebesar 0,5239 dengan hasil cukup dan service interaction quality sebesar 0,7676 dengan hasil baik. Rekomendasi hasil metode Importance Performance Analysis (IPA) yaitu perbaikan/ dipertimbangkan kembali pada information quality (kualitas informasi) dan peningkatan pada service interaction quality (layanan kualitas) aplikasi.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
##category.category##
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.