Efektifitas Platform Merdeka Mengajar (PMM) Menggunakan COBIT 2019 Untuk Meningkatkan Kinerja Guru
DOI:
https://doi.org/10.58761/jurtikstmikbandung.v10.i1.8392Kata Kunci:
Platform Merdeka Mengajar, COBIT 2019, Kinerja Guru, GAP, EfektifitasAbstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk menganalisis tingkat kapabilitas dan efektivitas Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam meningkatkan kinerja guru dengan menggunakan kerangka kerja COBIT 2019. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana platform ini mendukung pencapaian standar tata kelola TI yang baik dan dampaknya terhadap kualitas pengajaran di SMKN 1 Tanjungpinang dan SMPIT Taruna Ar Risalah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan COBIT 2019 yang melibatkan domain APO07, DSS01, DSS02, MEA01, dan BAI03. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan PMM telah mencapai tingkat kapabilitas yang cukup baik, namun masih terdapat gap antara tingkat kapabilitas saat ini (as-is) dan yang diharapkan (to-be). Nilai gap yang ditemukan adalah sebagai berikut: APO07 sebesar (1,2) , DSS01 sebesar (1,45), DSS02 sebesar (1,5), MEA01 sebesar (1,25), dan BAI02 sebesar (1,2). Rekomendasi perbaikan diusulkan untuk mengurangi gap tersebut dan mengoptimalkan efektivitas PMM dalam mendukung kinerja guru.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Categories
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.