Visualisasi Gedung STMIK Bandung Untuk Pengenalan Mahasiswa Baru Berbasis Augmented Reality (AR) Control dan Virtual Reality (VR)

Penulis

  • Mina Ismu Rahayu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung Penulis
  • Faiqunnisa Faiqunnisa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung Penulis
  • Robby Herdiansyah Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung Penulis

DOI:

https://doi.org/10.58761/jurtikstmikbandung.v10.i2.154

Kata Kunci:

augmented reality, control, virtual reality, markeless, joystick, virtual button

Abstrak

Kampus STMIK Bandung memiliki berbagai ruangan baik ruang kelas, ruang dosen, ruang laboratorium komputer, lingkungan kampus dan ruangan lainnya. Proses pencarian ruangan saat ini masih mengandalkan informasi atau keterangan yang tertera pada dinding kampus atau bertanya kepada petugas, pegawai kampus dan mahasiswa lain.

Telah dibangun sebuah aplikasi untuk visualisasi gedung STMIK BANDUNG berupa obyek tiga dimensi (3D) sebagai media penyampaian informasi lingkungan kampus dari suatu denah bangunan dengan menggunakan teknologi AR (Augmented Reality) FPS (Control) dan VR (Augmented Reality). Aplikasi ini dapat mempermudah calon mahasiswa/i dalam memperoleh informasi mengenai bangunan atau gedung kampus yang dimiliki oleh  STMIK Bandung.

Metodologi pembangunan perangkat lunak menggunakan metode waterfall terhadap permasalahan yang timbul dalam proses pembuatan aplikasi AR (Augmented Reality) FPS (Control) dan VR (Augmented Reality). Untuk perancangannya sistem menggunakan UML (Unified Modeling Language).

Proses aplikasi tersebut dibangun dengan menggunakan teknik markerless, joystick,dan virtual button . Tools yang digunakan adalah Unity3D sebagai editor dan Blender digunakan untuk perancangan model tiga dimensi (3D).

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Biografi Penulis

  • Mina Ismu Rahayu, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung

    Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-01

Cara Mengutip

Visualisasi Gedung STMIK Bandung Untuk Pengenalan Mahasiswa Baru Berbasis Augmented Reality (AR) Control dan Virtual Reality (VR). (2021). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(2), 9-16. https://doi.org/10.58761/jurtikstmikbandung.v10.i2.154