Efektifitas Platform Merdeka Mengajar (PMM) Menggunakan COBIT 2019 Untuk Meningkatkan Kinerja Guru

Penulis

  • Mulyadi Tan STT Indonesia Penulis
  • Ilivia STT Indonesia Penulis
  • Yafri STT Indonesia Penulis
  • Aggry Saputra STT Indonesia Penulis
  • Larasati Indriastuti STT Indonesia Penulis

DOI:

https://doi.org/10.58761/jurtikstmikbandung.v10.i1.8392

Kata Kunci:

Platform Merdeka Mengajar, COBIT 2019, Kinerja Guru, GAP, Efektifitas

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan untuk menganalisis tingkat kapabilitas dan efektivitas Platform Merdeka Mengajar (PMM) dalam meningkatkan kinerja guru dengan menggunakan kerangka kerja COBIT 2019. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana platform ini mendukung pencapaian standar tata kelola TI yang baik dan dampaknya terhadap kualitas pengajaran di SMKN 1 Tanjungpinang dan SMPIT Taruna Ar Risalah. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif dengan pendekatan COBIT 2019 yang melibatkan domain APO07, DSS01, DSS02, MEA01, dan BAI03. Hasil penelitian menunjukkan bahwa efektivitas penggunaan PMM telah mencapai tingkat kapabilitas yang cukup baik, namun masih terdapat gap antara tingkat kapabilitas saat ini (as-is) dan yang diharapkan (to-be). Nilai gap yang ditemukan adalah sebagai berikut: APO07 sebesar (1,2) , DSS01 sebesar (1,45), DSS02 sebesar (1,5), MEA01 sebesar (1,25), dan BAI02 sebesar (1,2). Rekomendasi perbaikan diusulkan untuk mengurangi gap tersebut dan mengoptimalkan efektivitas PMM dalam mendukung kinerja guru.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Biografi Penulis

  • Mulyadi Tan, STT Indonesia

    STT Indonesia

Unduhan

Diterbitkan

2021-06-01

Cara Mengutip

Efektifitas Platform Merdeka Mengajar (PMM) Menggunakan COBIT 2019 Untuk Meningkatkan Kinerja Guru. (2021). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 10(1), 83-92. https://doi.org/10.58761/jurtikstmikbandung.v10.i1.8392