Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Perkenalan Hewan Purbakala Dinosaurus
DOI:
https://doi.org/10.58761/jurtikstmikbandung.v11.i1.95Kata Kunci:
augmented reality, natural feature tracking, hewan purbakala, dinosaurus, unity3d, vuforiaAbstrak
Saat ini anak - anak mengenal hewan purbakala dinosaurus hanya dilakukan melalui sebuah buku, gambar dan kerangka – kerangka di museum, sehingga anak – anak harus menggunakan imajinasi untuk membayangkan bentuk dinosaurus tetapi dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR) diharapkan dalam pembelajarannya mengenai perkenalan hewan purbakala dinosaurus dapat lebih menarik dan menyenangkan karena AR dapat menjadi sebuahalat visualisasi hewan purbakala dalam bentuk 3D. Sehingga dapat mempermudah anak-anak memperoleh informasi tentang hewan purbakala dinosaurus baik dari bentuk, jenis, gerakan, hingga suara.
Pada aplikasi ini, model visualisasi hewan purbakala dinosaurus yang telah diberi marker akan dideteksi oleh sistem sebagai marker, pendeteksian tersebut menggunakan metode pengenalan pola yaitu metode Natural Feature Tracking (NFT) yang terdapat pada Library Vuforia Qualcomm. Maka dari itu, dengan adanya aplikasi ini anak-anak dapat mengetahui hewan purbakala dinosaurus dengan lebih mudah dan menarik, karena dengan penyampaian informasi dalam bentuk 3D dari augmented reality dapat meningkatkan antusias anak dalam proses pembelajaran untuk mengenal hewan purbakala dinosaurus.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Categories
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.