Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Perkenalan Hewan Purbakala Dinosaurus

Penulis

  • Mina Ismu Rahayu Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung Penulis
  • Ilham Doni Waluya Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung Penulis
  • Faiqunisa Faiqunisa Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung Penulis

DOI:

https://doi.org/10.58761/jurtikstmikbandung.v11.i1.95

Kata Kunci:

augmented reality, natural feature tracking, hewan purbakala, dinosaurus, unity3d, vuforia

Abstrak

Saat ini anak - anak mengenal hewan purbakala dinosaurus hanya dilakukan melalui sebuah buku, gambar dan kerangka – kerangka di museum, sehingga anak – anak harus menggunakan imajinasi untuk membayangkan bentuk dinosaurus tetapi dengan menggunakan teknologi augmented reality (AR) diharapkan dalam pembelajarannya mengenai perkenalan hewan purbakala dinosaurus dapat lebih menarik dan menyenangkan karena AR dapat menjadi sebuahalat visualisasi hewan purbakala dalam bentuk 3D. Sehingga dapat mempermudah anak-anak memperoleh informasi tentang hewan purbakala dinosaurus baik dari bentuk, jenis, gerakan, hingga suara.

Pada aplikasi ini, model visualisasi hewan purbakala dinosaurus yang telah diberi marker akan dideteksi oleh sistem sebagai marker, pendeteksian tersebut menggunakan metode pengenalan pola yaitu metode Natural Feature Tracking (NFT) yang terdapat pada Library Vuforia Qualcomm. Maka dari itu, dengan adanya aplikasi ini anak-anak dapat mengetahui hewan purbakala dinosaurus dengan lebih mudah dan menarik, karena dengan penyampaian informasi dalam bentuk 3D dari augmented reality dapat meningkatkan antusias anak dalam proses pembelajaran untuk mengenal hewan purbakala dinosaurus.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Biografi Penulis

  • Mina Ismu Rahayu, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung

    Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung

  • Ilham Doni Waluya, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung

    Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung

  • Faiqunisa Faiqunisa, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung

    Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung

Unduhan

Diterbitkan

2022-06-01

Cara Mengutip

Augmented Reality (AR) Sebagai Media Pembelajaran Perkenalan Hewan Purbakala Dinosaurus. (2022). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 11(1), 19-25. https://doi.org/10.58761/jurtikstmikbandung.v11.i1.95