Implementasi K-Nearest Neighbor Untuk Menentukan Prediksi Penjualan (Studi Kasus : PT Maksiplus Utama Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.58761/jurtikstmikbandung.v9.i2.178Kata Kunci:
prediksi penjualan, K-Nearest Neighbor, MaksiplusAbstrak
PT. Maksiplus Utama Indonesia adalah perusahaan berbasis mlm yang memproduksi dan menjual pupuk. Maksiplus memiliki banyak produk yang tersebar di Indonesia. Dari beberapa produk tersebut terkadang ada beberapa yang hasil penjualannya tidak sesuai harapan, dan menyebabkan kurangnya keuntungan perusahaan. Manajemen terkadang merasa kesulitan dalam menentukan apakah penjualan produk akan naik atau tidak. Untuk membantu dalam memprediksi penjualan diperlukan sebuah metode yang mampu memberikan solusi alternatif. Metode yang digunakan dalam memprediksi penjualan adalah K-Nearest Neighbor. Keluaran sistem disajikan dalam bentuk hasil angka perhitungan dari metode K-Nearest Neighbor. Hasil yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah perusahaan dapat terbantu dalam mengambil keputusan. Dari keluaran dari sistem yang berbentuk angka diharapkan dapat mudah dipahami dan digunakan sebagai bahan pertimbangan oleh manajemen dalam mementukan apakah suatu produk penjualannya akan naik atau tidak.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2020 Jurnal Penelitian dan Pengembangan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.