Aplikasi Pembelajaran Tajwid dan Nagham Al-Qur’an Berbasis Web

Penulis

  • Yus Jayusman Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung Penulis
  • Rifqi Fauzi Mubarok Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung Penulis
  • Herna Gunawan Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Bandung Penulis

DOI:

https://doi.org/10.58761/jurtikstmikbandung.v13.i2.4752

Kata Kunci:

Tajwid, Nagham Al-Quran, Pembelajaran Berbasis Web, Fitur Interaktif, Media audio-visual

Abstrak

Pembelajaran Tajwid dan Nagham Al-Quran merupakan aspek kunci dalam membaca Al-Quran dengan benar dan merdu. Namun, akses terhadap guru atau lembaga pembelajaran berkualitas tidak selalu mudah bagi semua individu. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan aplikasi berbasis web yang dapat membantu pengguna mempelajari Tajwid dan Nagham Al-Quran secara mandiri dan interaktif. Penelitian ini menggunakan metode pengembangan perangkat lunak dengan pendekatan Waterfall. Data diperoleh melalui studi literatur dan wawancara kepada ahli materi tentang hukum-hukum Tajwid, yang menjadi landasan utama dalam pengembangan konten aplikasi ini. Aplikasi ini dirancang dengan fitur utama berupa modul pembelajaran Tajwid dan Nagham, latihan membaca Al-Quran, kamus Tajwid yang menjelaskan istilah-istilah penting, serta media audio-visual untuk memberikan contoh-contoh bacaan yang jelas. Hasil pengujian aplikasi menunjukkan bahwa aplikasi ini efektif dalam membantu pengguna memahami dan mengimplementasikan ilmu Tajwid dan Nagham Al-Quran. Uji fungsionalitas menyatakan bahwa semua fitur beroperasi sesuai yang diharapkan, mengukuhkan bahwa aplikasi ini dapat menjadi alat yang mendukung pembelajaran mandiri dengan baik. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa aplikasi pembelajaran Tajwid dan Nagham Al-Quran berbasis web mampu memberikan akses yang lebih mudah dan fleksibel bagi pengguna untuk mempelajari serta mengasah keterampilan membaca Al-Quran dengan benar. Pengembangan lebih lanjut direkomendasikan untuk menyertakan versi mobile dari aplikasi ini guna meningkatkan aksesibilitas, serta menambahkan fitur-fitur interaktif seperti forum diskusi untuk berbagi pengalaman dan evaluasi bacaan otomatis yang lebih canggih untuk memperbaiki kualitas pembelajaran. Dalam pengembangannya, aplikasi ini menggunakan platform web dengan pendekatan Waterfall untuk memastikan setiap fase pengembangan terstruktur dengan baik. Penggunaan teknologi web memungkinkan aplikasi dapat diakses melalui berbagai perangkat yang terhubung dengan internet, meningkatkan jangkauan pengguna secara signifikan. Secara keseluruhan, penelitian ini menegaskan bahwa aplikasi pembelajaran Tajwid dan Nagham Al-Quran tidak hanya mengisi kesenjangan akses terhadap pembelajaran berkualitas, tetapi juga memberikan solusi yang efektif dan inovatif bagi individu yang ingin memperdalam pengetahuan mereka tentang bacaan Al-Quran.

Unduhan

Data unduhan tidak tersedia.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-01

Cara Mengutip

Aplikasi Pembelajaran Tajwid dan Nagham Al-Qur’an Berbasis Web. (2024). Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 13(2), 47-52. https://doi.org/10.58761/jurtikstmikbandung.v13.i2.4752