SISTEM SMART HOME PENGONTROL PERALATAN ELEKTRIK RUMAH MELALUI INTERNET BERBASIS RASPBERRY PI

Authors

  • Abdurrahman Abdurrahman STMIK Bandung
  • Yus Jayusman STMIK Bandung
  • Muhammad Abdul Rifqi STMIK Bandung

Keywords:

IOT, Raspberry Pi, Relay, Smart Home

Abstract

Pengontrolan terhadap alat elektrik di rumah biasanya masih bersifat manual sehingga menyulitkan pemilik rumah apabila meninggalkan rumah dalam jangka waktu panjang dan lupa mematikan peralatan elektrik sehingga terus menyala selama ditinggalkan dan mengakibatkan boros energi listrik karena penggunaan yang kurang efektif.
Era Internet Of Things (IOT) saat ini dapat dimanfaatkan untuk membentuk sebuah sistem smart home sebagai media kontrol dan monitoring terhadap berbagai macam perangkat elektrik di rumah sehingga penggunaannya dapat lebih efektif dan efisien sesuai dengan kebutuhan. Dengan sistem ini, user dapat mengontrol peralatan elektrik hanya dengan mengakses website dan mengendalikannya dengan komputer atau smartphone yang terhubung ke jaringan internet.
Alat elektrik yang dikendalikan terhubung dengan relay serta Raspberry Pi melalui fitur GPIO (General Purpose Input Output). Raspberry Pi berfungsi sebagai penerima dan pengolah perintah yang diterima dari website serta mengirimkannya ke relay untuk dieksekusi. Relay ialah komponen elektronika yang berfungsi sebagai saklar untuk menyalakan atau mematikan alat elektrik setelah menerima perintah dari Raspberry Pi. Status alat elektrik yang dikendalikan dapat dilihat pada website yang terhubung melalui jaringan internet dan program yang terdapat pada Raspberry pi.

Published

2017-06-01

How to Cite

Abdurrahman, A., Jayusman, Y., & Rifqi, M. A. (2017). SISTEM SMART HOME PENGONTROL PERALATAN ELEKTRIK RUMAH MELALUI INTERNET BERBASIS RASPBERRY PI. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 6(1), 23–40. Retrieved from http://journal.stmik-bandung.ac.id/index.php/JurnalTI/article/view/42

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>