APLIKASI MULTIMEDIA BELAJAR BAHASA SUNDA BERBASIS ANDROID

Authors

  • Yus Jayusman STMIK Bandung
  • Faiqunnisa Faiqunnisa STMIK Bandung
  • Amalia Fauziah STMIK Bandung

Keywords:

Android; App Inventor; Bahasa Sunda; Multimedia; Pembelajaran Bahasa

Abstract

Bahasa merupakan media komunikasi yang penting bagi manusia. Salah satunya bahasa Sunda yang merupakan salah satu bahasa Ibu untuk sebagian orang di Indonesia khususnya daerah Jawa Barat. Banyaknya generasi muda, khususnya usia sekolah yang tidak bisa berbahasa Sunda, meski tinggal dan tumbuh di tanah Sunda.
Oleh karena itulah, dibuat Aplikasi Multimedia Belajar Bahasa Sunda berbasis Android. Aplikasi ini dibuat untuk memudahkan dalam mempelajari bahasa Sunda dengan mudah dan menyenangkan. Dalam pembuatannya menggunakan metodologi object-oriented analysis and design (OOAD). Sementara itu, dalam pemograman menggunakan App Inventor. Adapun isi dari aplikasi android ini adalah materi dan latihan. Materinya berupa Undak Usuk Basa, Kecap, Babasan, Aksara Sunda, dan Kaulinan. Dalam aplikasi ini juga ditambahkan berupa audio yang membuat pembelajaran menjadi lebih menarik.
Aplikasi Multimedia Belajar Bahasa Sunda berbasis Android ini pada dasarnya ditujukan untuk semua kalangan, namun lebih fokus terhadap anak-anak usia 13 – 18 tahun ke atas. Terlepas dari itu, tujuan dari aplikasi ini adalah sebagai media pembelajaran yang memudahkan siapa saja untuk memahami bahasa Sunda.

Published

2018-06-01

How to Cite

Jayusman, Y., Faiqunnisa, F., & Fauziah, A. (2018). APLIKASI MULTIMEDIA BELAJAR BAHASA SUNDA BERBASIS ANDROID. Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 9–24. Retrieved from http://journal.stmik-bandung.ac.id/index.php/JurnalTI/article/view/29

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>